Cara Mengobati Tipes Secara Alami

Cara Mengobati Tipes Secara Alami - Penyakit tipes paling banyak terjadi di negara yang berkembang, salah satunya adalah Indonesia. Penyakit tipes disebabkan oleh infeksi dari bakteri Salmonella Typhi. Bakteri akan berkembang dalam usus dan menyebabkan demam. Karena itu gejala awal ketika eseorang terkena tipes biasanya demam pada malam hari atau pagi hari. Selain waktu-waktu tertentu bisa beraktifitas seperti biasanya sehingga gejala awal sering tidak diperhatikan. Pemeriksaan tipes biasanya dilakukan dengan pengujian darah, urin atau feses.

 

Perawatan untuk penyakit tipes pada tahap awal bisa dilakukan di rumah. Namun ketika gejala sudah semakin memburuk maka perawatan di rumah sakit sangat diperlukan. Berikut ini adalah beberaa langkah atau cara mengobati tipes secara alami :

1. Pengobatan Dengan Antibiotik
Antibiotik memang sudah digunakan untuk melawan infeksi bakteri sejak lama dan hasilnya memang sangat bagus. Beberapa jenis antibiotik dipilih untuk melawan bakteri namun diusahakan untuk tidak menyebabkan kerentanan dan perlawanan. Beberapa penderita tipes mungkin tidak dapat menerima antibiotik tertentu. Karena itulah pemberian antibiotik harus dilakukan oleh dokter yang sudah mengetahui kondisi penderita tipes secara keseluruhan.

2. Minum Cukup Air Mineral
Penderita tipes juga lebih sering kehilangan cairan karena demam dan mual atau muntah. Memberikan banyak air mineral kepada penderita akan membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Terlbih jika pendrita juga mengalami diare yang buruk.

3. Cukup Istirahat
Penderita tipes harus banyak istirahat karena istirahat dapat membantu menyembuhkan dengan lebih cepat. Penderita tipes disarankan banyak istirahat di tempat tidur dan mengurangi gerakan atau berbagai aktifitas yang lain. Istirahat akan meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, proses pemberian obat akan lebih efektif jika penderita bisa istirahat dengan baik. Anak-anak yang masih sekolah sebaiknya juga sementara tidak masuk sekolah. Istirahat harus dilakukan hingga benar-benar sembuh sebab jika tidak dilakukan maka resiko kambuh akan menjadi lebih besar.

 Baca Juga : Obat Herbal Penyakit Tipes

4. Mengkonsumsi Makanan Halus
Penderita tipes juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan lunak atau makanan yang lembut. Beberapa jenis makanan yang sering disarankan misalnya bubur nasi merah atau nasi putih yang dicampur dengan sayuran. Bakteri penyebab tipes akan menyerang usus dan menyebabkan usus menjadi sangat sensitif. Makanan halus akan membantu usus  bekerja dengan baik dan tidak menyakiti usus itu sendiri. Sedangkan makanan yang kasar akan membuat luka pada usus dan menambah parah penyakit tipes.

5. Makan Lebih Sering
Penderita tipes sebaiknya juga harus lebih sering makan daripada makan banyak dalam sekali waktu. Makan lebih sering dengan jumlah sedikit akan membantu usus  bekerja lebih baik. Mengkonsumsi makanan halus ketika perut merasa perih dan sedikit tidak nyaman akan membiasakan usus untuk menerima makanan. Makanan juga bisa mencegah agar bakteri tidak berkembang. Cara mengobati tipes dengan mengkonsumsi makanan halus seperti bubur, akan membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Perawatan tipes yang paling umum adalah dengan menggunakan obat antibiotok yang diresepkan oleh dokter. Beberapa penderita tipes yang telah mendapatkan antibiotik mungkin bisa mengalami resistensi terhadap obat. Kondisi ini menyebabkan tubuh lebih rentan terkena tipes yang terus menerus kambuh. Salah satu cara untuk mengatasi agar tidak terjadi tipes adalah mengelola kesehatan dengan cara yang baik. Menjaga kebersihan dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan  bersih sudah bisa mengurangi resiko tipes yang kambuh.

0 Response to "Cara Mengobati Tipes Secara Alami"

Posting Komentar